Jenis Conveyor Industri

Jenis Conveyor Industri

Jenis Conveyor Industri Yang Bisa Dipesan Melalui Jasa Conveyor

Dalam dunia industri, keberadaan conveyor sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu. Namun demikian, setiap industri pasti memiliki kebutuhan conveyor yang berbeda-beda tergantung fungsi dan cara kerjanya. Berikut adalah beberapa jenis conveyor industri yang bisa dipesan melalui perusahaan jasa conveyor.

Gravity roller conveyor

Conveyor ini memanfaatkan pengaruh gaya gravitasi untuk memindahkan benda. Komponen utamanya adalah roll yang terbuat dari baja maupun stainless steel. Didalam proses pembuatannya, conveyor jenis ini memerlukan perhitungan yang tepat terkait sudut inklinasi dan posisi belt agar benda yang diletakkan diatasnya tidak mudah meleset. Umumnya conveyor jenis ini bisa digunakan untuk proses packaging industri makanan atau jenis industri lainnya.

Belt conveyor

Sesuai dengan namanya, conveyor yang satu ini menggunakan sabuk yang terbuat dari karet, stainless, atau tekstil yang ukuran dimensinya disesuaikan dengan berat beban yang akan diletakkan diatasnya. Belt conveyor tergolong jenis conveyor yang banyak digunakan di industri kimia, farmasi, kosmetik, makanan, atau industri lainnya. pada prakteknya, belt conveyor memiliki beberapa set lapisan jalur yang dikencangkan dengan drive pulley.

Bucket conveyor

Conveyor yang dilengkapi dengan alat serupa ember dan bergerak secara vertikal. Umumnya alat ini membantu perpindahan bahan yang berbentuk bubuk, granule, maupun biji-bijian yang ada pada industri pakan ternak, industri bahan kimia, maupun industri pertanian. Besar kecil ukuran bucket akan disesuaikan dengan kapasitas tampung yang diinginkan per satuan waktu.

Fleksibel conveyor

Conveyor yang satu ini dibuat dengan kerangka yang bisa dibongkar pasang atau dipindah sesuai kondisi lokasi. Umumnya conveyor jenis ini ada di area pelabuhan atau pabrik yang membutuhkan sarana untuk memasukkan langsung barang yang akan dikirim menggunakan container. Pada prakteknya, fleksibel conveyor ini dilengkapi dengan motor penggerak yang perawatannya bisa dilakukan dengan mudah.

Vertical conveyor

Conveyor vertical termasuk conveyor khusus yang dirancang dengan tujuan memindahkan barang dari atas kebawah secara tegak lurus. Salah satu contoh industri yang menggunakan conveyor jenis ini adalah industri cat. Pada prakteknya, komponen roll yang digunakan terbuat dari stainless atau metal lain yang kuat menahan beban cukup besar.

Pneumatic conveyor

Conveyor pneumatic memiliki rancangan tabung khusus yang memungkinkan beragam bahan berbentuk serbuk, cairan, atau curah dikemas dalam sebuah woven bag. Pabrik yang membutuhkan conveyor jenis ini umumnya berhubungan dengan industri semen, industri makanan, dan industri minyak.

Dust proof conveyor

Sesuai dengan namanya, dust proof conveyor merupakan conveyor tahan debu yang dirancang secara tertutup dan kedap udara. Conveyor ini umumnya dirancang untuk menjaga kehigienisan produk yang ada didalamnya dan meminimalisir produk terkontaminasi bakteri udara. Industri yang berhubungan dengan conveyor semacam ini umumnya industri yang bergerak di bidang kesehatan atau industri peternakan.

Pharmaceutical conveyor

Pharmaceutical conveyor dirancang menggunakan metal maupun rubber yang berfungsi meletakkan hasil produksi obat dalam bentuk kapsul atau tablet sebelum proses pengemasan. Conveyor semacam ini bisa dibuat dalam bentuk terbuka maupun tertutup sesuai kondisi area. Setelah memahami jenis conveyor industri diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar hasil produksi mesin conveyor sesuai dengan keinginan.

a. Mengetahui jumlah unit mesin conveyor yang ingin dipesan dan pemanfaatannya.

b. Mengetahui lokasi pemesanan produk conveyor dan kredibilitas perusahaan tujuan.

c. Mengetahui lama waktu yang diperlukan untuk agar proses instalasi alat di pabrik atau didalam industri bisa dilakukan lebih efisien.