Jasa Fabrikasi Conveyor untuk Industri Kelapa Sawit

 

Jasa fabrikasi conveyor industri kelapa sawit 

Jenis Conveyor Yang Bisa Dipesan Melalui Jasa Fabrikasi Conveyor Industri Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan industri yang memiliki pangsa pasar besar untuk skala nasional maupun internasional. Ada banyak pengusaha yang kemudian mencoba mendirikan PKS mini maupun industri kelapa sawit skala besar. Pada prakteknya, industri kelapa sawit membutuhkan mesin pengolahan yang akan memfasilitasi beragam tahapan pembuatan minyak CPO maupun PKO. Selain crane, idler bollard, dan stasiun sterilizer, masih ada mesin conveyor lain yang perlu difasilitasi pembuatannya oleh jasa fabrikasi conveyor kelapa sawit untuk mengoptimalkan proses produksi. Mesin tersebut, antaralain:

Conveyor tandan kosong

Conveyor ini diletakkan di stasiun thresing. Dengan komponen yang mayoritas terbuat dari baja atau stainless, conveyor yang satu ini berfungsi melakukan pemotongan tandan kelapa sawit untuk mulai menghisap minyak. Conveyor jenis ini umumnya dibuat dengan kapasitas pengolahan mencapai 30 ton per hari.

Conveyor buah

Conveyor yang satu ini terletak di stasiun pressing dengan manfaat meningkatkan penyerapan minyak dan melanjutkan prosesnya ke conveyor cake breaker. Alat conveyor yang satu ini terbuat dari bahan baja atau stainless yang disusun dengan derajat inklinasi tertentu.

Conveyor cake braker

Ciri khas dari conveyor cake braker adalah bentuk conveyor yang umumnya dilengkapi dengan uliran untuk memaksimalkan proses pengepresan minyak. Untuk menjaga higienitas minyak, umumnya produk ini tersusun tertutup dengan katup hampa udara.

Drag conveyor

Conveyor lain yang ada dalam dunia industri kelapa sawit adalah drag conveyor. Dengan komponen utama metal, conveyor ini umumnya berhubungan dengan proses pengolahan limbah kelapa sawit. Untuk meningkatkan higienitas, drag conveyor juga bisa dibuat dalam bentuk tabung tertutup.

Chain conveyor

Chain conveyor ini digerakkan roda roll yang berfungsi mengangkut tandan segar. Agar kualitas tandan yang terbawa tetap terjaga, derajat kemiringan maupun ukuran dimensi chain conveyor akan sangat dipengaruhi pembuatannya oleh struktur area pabrik.

Recycle fruit conveyor

Conveyor ini juga terbuat dari komponen metal. Fungsi dari conveyor ini adalah mengembalikan tandan buah ke area bottom distributing ketika terjadi penumpukan tandan buah di area upper conveyor digester. Pengendalian Screw conveyor ini diatur menggunakan roll.

Screw conveyor

Conveyor penggerak screw ini terbuat dari bahan metal dan umumnya dibuat dengan material logam yang memiliki sifat kedap udara. Karena komponennya tertutup, kemungkinan tandan kelapa sawit yang terkontaminasi bakteri udara secara tidak sengaja sangat sedikit. Selain conveyor diatas, umumnya masih ada conveyor lain yang digunakan dalam produksi minyak kelapa sawit, seperti bucket conveyor, chain driven live roller conveyor, dan lainnya. Namun demikian, pembuatan conveyor tersebut tetap akan disesuaikan kebutuhan. Oleh karena itu, apabila Anda diminta oleh perusahaan untuk menghubungi penyedia jasa fabrikasi industry kelapa sawit, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

a.             Desain conveyor

Anda perlu menyiapkan desain conveyor yang akan diinstall didalam pabrik kelapa sawit. Desain ini disesuaikan dengan kondisi area dan tujuan pembuatan conveyor yang ingin didapat. Dengan begitu, produktivitas kinerja alat conveyor benar-benar maksimal.

b.            Lokasi instalasi conveyor

Sesuai dengan desainnya, ada pengaturan peletakan conveyor yang harus disesuaikan dengan kondisi area yang tersedia. Nantinya, jalur conveyor disusun vertikal maupun horizontal akan mempengaruhi kecepatan produktivitas yang dicapainya.

Dana pembuatan conveyor

Ketika sebuah perusahaan kelapa sawit membutuhkan conveyor yang berhubungan dengan pengolahan minyak, ada dana yang perlu dikalkulasi dengan benar, agar tidak terjadi resiko  pembengkakan alokasi dana maupun resiko lainnya.